Before Departure Check

0
4

Pemeriksaan kesiapan pesawat wajib dilakukan, bahkan sesaat sebelum pemberangkatan.

Before   Departure Check (BD) adalah pemeriksaan di sekeliling pesawat sebelum di- release untuk terbang. Ketika pesawat last flight, maka akan keluar schedule maintenance yang dikeluarkan oleh maintenance control center, pengerjaan maintenance dan sekaligus mencari LDMA (Leak, Dent, Missing Part and Abnormal). Terkait hal ini, pembuat keputusan dari Release man atau certifying Staff sangat penting untuk menentukan pesawat layak terbang dan aman berdasarkan referensi AMM.

Semua persyaratan operasional sistem dan keamanan diperiksa secara rinci melalui check list formal dan dokumentasi. Inspeksi ini harus dilakukan sedekat mungkin sebelum tiap kali pesawat berangkat beroperasi, maksimal dua jam sebelumnya.

Jika pesawat sudah dalam kondisi aman, beberapa unit maintenance yang terlibat dapat melakukan pre flight briefing kepada captain. Diskusi ini perlu dilakukan supaya informasi tentang kondisi pesawat tersampaikan dengan jelas.

BD check merupakan salah satu bagian dari pemeriksaan periodik (rutin) pesawat yang bersifat minor. Pemeriksaan ini dilakukan oleh bagian Line Maintenance. Selain BD check, pemeriksaan rutin pesawat lainnya, yaitu transit check, daily check,

Perbedaan antara BDC dengan pemeriksaan lainnya, yaitu untuk transit check, pemeriksaan pesawat dilaksanakan setiap kali setelah melakukan penerbangan saat transit di station mana pun. Daily check adalah pemeriksaan yang dilaksanakan satu kali dalam jangka waktu 24 jam setelah daily check sebelumnya.

Sementara itu, pemeriksaan yang dilakukan setiap malam hari di dalam hangar adalah overnight check. Pemeriksaan ini meliputi landing gear, sistem pengereman, dan lain- lain. Untuk weekly check, harus dilakukan dalam 7 hari penanggalan. Seluruh kegiatan tersebut setiap harinya mengharuskan pesawat terbang pada posisi ground stop dengan durasi waktu tertentu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here