Memaksimalkan Semangat dan Motivasi Kerja

0
32

Meskipun motivasi dan semangat secara konsep terkait erat, namun ternyata keduanya berbeda dalam penerapannya. Secara teori, motivasi adalah dorongan psikologis-internal seseorang yang memicunya untuk berperilaku spesifik. Sedangkan semangat, memiliki arti yang terkait sebagai sebuah skenario kelompok.

Secara umum motivasi kerja dapat terjadi karena faktor internal dan eksternal. Dalam aplikasinya, motivasi berhubungan dengan prestasi kerja. Secara teori bila kinerja seorang karyawan rendah, maka prestasi kerja akan rendah meskipun kemampuan dan kesempatannya ada.

Melakukan pekerjaan yang sama selama bertahun tahun juga bisa menyebabkan seseorang jenuh dan kehilangan semangat bekerja. Hilangnya semangat kerja tersebut tentu saja mempengaruhi kinerja seorang karyawan yang

pada akhirnya mengganggu karirnya. Oleh karenanya penting bagi seorang karyawan untuk menumbuhkan kembali semangat bekerja melalui beberapa tips berikut ini.

Pertama, ingat kembali tujuan bekerja. Setiap karyawan pasti memiliki motivasi dalam menjalani karirnya. Jika motivasinya adalah untuk keluarga, cobalah dengan menempatkan foto keluarga di atas meja. Hal ini bisa menjadi faktor penyemangat dalam aktivitas keseharian.

Kedua, menetapkan target (pribadi) yang ingin dicapai. Pencapaian target tersebut akan memotivasi kita untuk mencapai target berikutnya sehingga kinerja akan lebih maksimal.

Ketiga, selalu fokus pada target yang ditetapkan. Fokus pada target/tujuan akan membuat pekerjaan jadi lebih mudah diraih. Karena seseorang akan mengerahkan potensi maksimalnya untuk mencapai tujuan tersebut.

Keempat, yang tidak kalah pentingnya adalah memupuk kreativitas untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbarui pengalaman dan kemampuan yang dimiliki agar selalu relevan dengan tantangan pekerjaan dan perubahan zaman.

Kelima, buat suasana kerja lebih positif dan menyenangkan. Lingkungan kerja yang nyaman akan memberi tambahan energi positif sehingga membuat suasana kerja menjadi lebih bersemangat sekaligus meningkatkan motivasi dalam mencapai target.

Keenam, memiliki komunitas sesama karyawan yang memiliki dedikasi tinggi dan berprestasi. Bergabung di komunitas tersebut akan membantu seseorang untuk lebih cepat mengembangkan dirinya karena selalu mendapat masukan dan diskusi-diskusi yang konstruktif.

Ketujuh, selalu bersikap positif dalam melihat segala hal. Ini penting untuk menjaga stabilitas mental dan pola pikir kita berjalan sesuai dengan harapan. Percaya atau tidak, kadang kegagalan menjadi titik balik untuk menuju keberhasilan.

Kedelapan, berikan kesempatan kepada fisik untuk bisa bertukar suasana, misalnya saja istirahat yang cukup bagi fisik dan jiwa. Bisa dengan mengembangkan hobi yang disukai digemari atau berlibur bersama keluarga.

Dari kedelapan tips tersebut diharapkan karyawan dapat menumbuhkan lagi semangat dan motivasi kerja untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan oleh perusahaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here